Membuat Jaringan di Bisnis

Pada kesempatan ini kami akan jelaskan tentang Membuat Jaringan di Bisnis. Pertama Anda harus paham dahulu bahwa networking yaitu cara kerja pertemuan sejumlah orang, bagus yang Anda rintis semenjak lama, atau via perantaraan pihak ketiga. Kini networking dapat juga dikerjakan dalam dunia maya, melewati dunia maya.

 Membuat Jaringan di Bisnis

Manfaat Membangun Jaringan

Networking ini penting bagi cara kerja perkembangan bisnis yang Anda jalani. Dengan jaringan yang solid Anda bisa menerima banyak hal, di antaranya:

1. Mendapat pelanggan baru

Apabila Anda bersua orang baru, Anda bisa membicarakan bisnis yang sedang Anda jalankan. Siapa tahu mereka berminat dengan produk yang Anda tawarkan dan menjadi pelanggan Anda?

Membuat Jaringan di Bisnis

2. Diskusi seputar wawasan bisnis

Jaringan berkhasiat dalam banyak hal. Salah satunya yaitu sebagai daerah diskusi atau ngobrol dengan yang lebih dahulu terjun ke dunia bisnis. Anda dapat belajar banyak dari mereka. Mungkin mereka bersedia membagikan tips­kiat hebat bagi perkembangan bisnis yang sedang Anda rintis.

3. Meningkatkan mutu pelayanan

Percaya saja Anda akan mendapat banyak usulan dari pihak ketiga, entah itu dari sahabat atau pelanggan. Siapa sangkaAnda juga dapat mengamati kinerja bisnis pesaing Anda di antara jaringan yang Anda punya. Pada hasilnya Anda akan kian terasah untuk meningkatkan kualitas pelayanan.

Membuat Jaringan di Bisnis

4. Mempelajari keterampilan pengembangan bisnis

Sebagai orang baru di dunia bisnis, Anda dituntut untuk selalu belajar. Oleh sebab itu jikalau networking Anda bagus, Anda bisa belajar dari beraneka ragam lapisan masyarakat.

5. Membangun persahabatan jangka panjang

Networking yang baik juga akan membantu Anda menerima sahabat­teman baru. Siapa tahu dari mereka Anda akan mendapatkan pandangan baru­ide bisnis baru sehingga bisnis Anda kian berkembang.

Mungkin Anda bingung, bagaimana akan mulai membangun network ini? Apalagi Anda baru saja terjun ke dunia bisnis. Jangan kuatir, networking ini dapat diawali dari apa yang telah Anda miliki selama ini. Apakah itu? Jelas teman­teman dan teman Anda.

Membuat Jaringan di Bisnis

Mula­mula yang bisa Anda lakukan yaitu membuat daftar orang yang Anda ketahui, lalu beritahukan bisnis baru Anda pada mereka. Mungkin mereka tidak akan berminat pada bisnis Anda, tetapi tidak menutup kemungkinan mereka akan memberitahu teman­teman dan keluarga mereka.

Nah, Anda tak akan pernah tahu apa yang akan terjadi nantinya. Secara tak lantas, orang­orang dalam daftar yang Anda buat ini menolong mempromosikan produk yang Anda tawarkan.

Apabila mereka tidak menawarkan pada sahabat atau keluarga mereka, mintalah mereka mengenalkan Anda pada orang yang apabila berminat pada produk Anda ini. Berangkat dari hal ini, network yang Anda jalin akan kian meluas. Bila memang produk yang Anda tawarkan punya keunggulan tersendiri, bukan tak mungkin promosi dari mulut ke mulut akan membikin bisnis Anda berhasil.

Membuat Jaringan di Bisnis

Nah, kini jangan ragu­ragu lagi untuk mulai menjalin networking. Masih ragu dan malu juga? Atau bila Anda sebagai ibu rumah tangga, teman­teman Anda sangat terbatas? Mungkin selama ini Anda hanya bergaul dengan teman­teman sesama ibu­ibu di kompleks perumahan, sahabat arisan, atau ibu teman si kecil Anda. Jangan pesimis dahulu! Walaupun Anda “cuma” ibu rumah tangga, Anda pasti dapat menjalin networking. Yakin bahwa Anda cakap.

Ingat, Anda sebagai wanita dilahirkan dengan talenta alam yaitu pandai berkomunikasi dan membangun relasi sosial! Balikkan pemikiran Anda. Kalau selama ini para wanita dianggap sebagai makhluk cerewet alias terlalu banyak omong, maka ketika ini manfaatkan anugerah banyak bicara tadi untuk mulai membangun network.

Membuat Jaringan di Bisnis

Sistem jitu membuka peluang menjalin kekerabatan merupakan seperti ngobrol lazim. Mula­mula bicarakan hal­hal biasa yang membuat mereka berminat, lalu secara perlahan arahkan pembicaraan pada bisnis Anda. Sebisa mungkin gambarkan bagaimana produk yang Anda awarkan akan memberikan manfaat bagi mereka.

Apabila Anda dapat meyakinkan mereka, berarti Anda sudah berhasil mendapatkan satu lagi trek network bagi bisnis Anda. Kalau belum berhasil, simpanlah identitas kenalan Anda. Mungkin suatu ketika mereka tertarik. Jangan pernah sepelekan orang yang Anda temui.

Membuat Jaringan di Bisnis

Karena demikian itu besarnya manfaat dari jaringan atau network ini, maka Anda harus senantiasa menjaganya. Selain wajib dijaga, usahakan juga supaya jaringan bisnis kita bisa diperluas. Berikut sebagian tips untuk memperluas jaringan bisnis Anda

  1. Bangun percakapan di manapun
  2. Bertukar kartu nama. Jangan lupa tanyakan nomor telepon pribadi dan alamat e-mail. Lalu kasih catatan kecil di balik kartu nama kapan Anda ketemu, ciri­ciri jasmaniah, dan catatan khusus ketika pertemuan (umpamanya: hobi, makanan, hari­hari spesial, dan lain-lain).
  3. Tindaklanjuti. Misalnya Anda akan berbisnis makanan, coba kirimkan sampel makanan buatan Anda ke rumah atau kantor mereka, lalu tanyakan komentar dan saran­saran. Siapa tahu Anda akan mendapat tips perihal berbisnis, bahkan mendapatkan pelanggan baru?
  4. Usahakan tetap menjalin komunikasi. Komunikasi di sini sekiranya berarti sekadar menanyakan informasi atau menyatakan selamat ulang tahun. Jangan pernah membuat kartu nama dan jalinan Anda ‘menganggur’. Usahakan secara rutin menghubungi mereka.

Sekian informasi tentang Membuat Jaringan di Bisnis , kami harap artikel ini mencerahkan kalian. Kami berharap post ini dishare biar semakin banyak yang memperoleh manfaat.

Referensi:

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *